Ujian Akhir Semester, Siap?


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
-

Hai sobat!
Sebentar lagi Ujian Akhir Semester (UAS) nih, sudah siap belum? Kalau belum, yuk! segera ambil bukumu dan pelajari materi yang belum kamu pahami. Jangan sampai sudah H-1 malah baru belajar atau istilahnya Sistem Kebut Semalam ya!

Sebelumnya udah pada tau gak nih, apa sih Ujian Akhir Semester itu? Jadi Ujian Akhir Semester merupakan bagian dari evaluasi yang bertujuan untuk mengukur dan menilai kompetensi siswa, sehingga siswa dapat melanjutkan pembelajaran ketingkat yang lebih tinggi. Nah, dari UAS inilah kamu dapat mengukur pencapaian hasil kompetensimu selama satu semester. Banyak nih dari kita yang biasanya saat menjelang UAS jadi khawatir dan takut hasil UAS tidak sesuai dengan yang diharapkan hingga menjadi beban tersendiri. Fyi, hal yang seperti ini nih yang bikin kita malah enggak fokus menghadapi UAS. Jadi, kami disini punya tips buat teman-teman untuk menghadapi UAS. Yuk disimak \>.</

1. Mencari suasana atau tempat yang nyaman
Cari tempat atau suasana yang paling pewe buat kalian dapat membantu lebih fokus dalam belajar:). Dengan belajar + ditempat ternyaman versi kalian dapat memperbaiki mood dan pastinya jadi lebih semangat belajar deh

2. Belajar kelompok bersama teman-teman
Untuk kalian yang kurang suka belajar sendirian bisa nih dicoba!. Belajar dengan berdiskusi dengan teman akan membuatmu bertukar pikiran dan soal-soal yang dikerjakan akan terasa lebih mudah.

3. Menulis, membaca, dan mengulangi (3M)
Cara ini sangat membantu dalam menghafal dan mengingat materi pelajaran. Bagaimana caranya? Dengan membuat rangkuman, menghafal dan mengulang materi akan memudahkanmu dalam mengingat materi dan Insha Allah bisa sukses jika kalian memakai tips ini:)

4. Hindari Sistem Kebut Semalam (SKS)
Hindarilah wahai kawan! karena jika kita menggunakan sistem ini memang buat kita cepat ingat/hafal, namun jika kita menggunakan sistem ini juga membuat kita cepat lupa akan materi yang diingat sebelumnya. Selain itu, SKS ini dapat membuat kalian bisa begadang dan tentunya badan gak fit saat ujian nanti. Sebaiknya, persiapkan sedikit demi sedikit saat jauh hari tapi justru kalian bisa santai bukan?

5. Istirahat yang cukup dan perbanyak minum air putih.
Percuma kalau banyak belajar, tetapi kesehatan dilupakan;) Istirahat yang cukup dan minum 2 gelas air putih sebelum belajar mampu meningkatkan konsentrasi loh sobat! ketika konsentrasi kalian baik maka materi pelajaran pun akan lebih mudah dimengerti.

Setelah kalian melakukan tips-tips diatas, ada point gak kalah penting nih yang harus kalian lakukan. Yups! berdoa dan bertawakal kepada Allah SWT. Khusus untuk kawan-kawan, kami share doa-doa yang alangkah baiknya jika kita lakukan saat menghadapi UAS, karena segala sesuatu itu butuh ridha Allah SWT. Jadi, percuma saja apabila kita sudah berusaha sekuat tenaga namun kita tidak mendapat ridha dari Allah SWT. Yuk diamalkan ^^

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

ALLAAHUMMA LAA SAHLA ILLAA MAA JA’ALTAHU SAHLAN WA ANTA TAJ’ALUL HAZNA IDZAA SYI’TA SAHLAN.

Artinya : “Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.” (Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106)


اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً
Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa
 
Artinya:  “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah”

Demikian tips dan saran doa dari kami, jangan lupa berusaha dan berdoa agar diberi kemudahan dalam menghadapi UAS yaa. Mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan dalam artikel ini. Syukron! Semoga bermanfaat sobat:)

 Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
_


Daftar Pustaka
https://www.youthmanual.com/index.php/post/terkini/berita/youthmanual-weekly-berbagai-tips-jitu-belajar-dan-menghadapi-ujian






0 komentar:

Posting Komentar